Ibu ASI

Halo 2020. Ga kerasa udah berganti tahun. Waktunya bebenah dan memperbaiki semua yang perlu diperbaiki. Bulan ini adalah bulan kelahiranku sekaligus bulan berakhirnya masa cutiku setelah melahirkan Allura. Tepat tiga bulan sudah menikmati full time Mommy membuat rasa malas balik ke kantor. Tapi aku masih butuh pekerjaanku untuk menyambung hidup mau ga mau aku balik bekerja.

Berat sekali meninggalkan bayiku yang baru genap 3 bulan.Dimana dia masih butuh ASI. Tapi aku sudah persiapkan itu. Aku akan bagi tips kegiatan apa saja yang harus dilakukan saat cuti melahirkan agar kita sebagai ibu pekerja siap kembali ke kantor pasca melahirkan dengan tenang.

1. Saat sebelum melahirkan belajarlah tentang ASI selengkap-lengkapnya. Beruntung aku punya kakak yang selalu cerewet mengingatkanku agar terus belajar tetang menyusui karena memang menyusui tak semudah itu.

2. Ingatlah bahwa kita hanya diberi waktu cuti 3 bulan untuk persiapan melahirkan dan menyusui jadi jangan lengah. Manfaatkan waktu cuti untuk menjaga stok ASI agar tidak kejar-kejaran nanti saat sudah bekerja. Aku mulai stok ASIP(Air Susu Ibu Perah)dua bulan sebelum cuti melahirkan selesai.

3. Manfaatkan pompa ASI sebaik mungkin. Mungkin saat ini aku ‘aman’ dalam memenuhi stok ASIP Allura. Tapi dulu aku malas sekali pompa sehingga ASIku saat dipompa ga sebanyak sekarang. Jadi aku rutinkan lagi pompa sekalian memperbanyak stok ASIP


4. Makan dan minum yang cukup. Percaya deh ga ada ASI booster yang bagus kalau ibunya ga makan dan minum teratur. Pola makan dan istirahat mempengarusi stok ASI lho jadi jangan sepelekan ini.

Itu saja sebenarnya tips-tips agar cuti melahirkan kita tidak sia-sia tapi sering kali kita lalai sehingga tanpa sadar saat waktu kembali ke kantor kita menyesal tidak memanfaatkan waktu cuti sebaik mungkin.

Love,

Comments