Batuk Pertama Allura

Alhamdulillah sejak lahir Allura anakku belum pernah sakit. Entah itu demam setelah imunisasi atau bapil (batuk dan pilek). Hingga suatu hari saat dia berumur hampir 4 bulan saat menyusu tenggorokannya suka bunyi “grok-grok” gitu. Awalnya aku biasa aja tapi lama-lama khawatir juga kalau dia kenapa-kenapa meskipun ga pilek sama sekali saat itu. Akhirnya tepat saat vaksin aku minta periksa dokter lalu diresepin obat nasal spray untuk mengatasi hidung tersumbat.

Sesampainya di rumah aku semprot beberapa kali hingga suatu malam Allura demam dan batuk-batuk. Aku makin khawatir suaranya lama-kelamaan hilang. Kalau nangis jadi ga bersuara. Wekend aku balik ke dokter anak dan dokter memberi resep obat demam dan sirup puyer batuk. Dokter juga menyarankan Allura diinhalasi (diuap pakai alat nebulizer) untuk membuka jalan napas. Akhirnya aku dibantu suster ke bagian fisioterapi. Tapi sayang sudah tutup. Lalu suster menyarankan nebulasi mandiri di ruang dokter.


Besoknya kami disuruh balik buat fisioterapi. Ternyata disini Allura dinebu ulang, disinar infra red dan dipijat. Kami ulangi lagi fisioterapi minggu depannya. Sampai aku rasa batuk Allura mereda. Alhamdulillah akhirnya suara Allura balik lagi. Dan batuknya sudah reda. Oiya ikhtiar di rumah aku uapin Allura pakai uap air panas yang dicampur bawang putih. Selain itu aku susuin agak banyak dan lama sampai kadang-kadang dia muntah dan keluar dahaknya. Semoga mom dan baby sehat selalu. Jaga kesehatan ya di musim hujan gini apalagi banyak virus-virus jahat.

Love,


Comments